Panduan Lengkap Instalasi CodeIgniter 4 Terbaru: Langkah demi Langkah untuk Pemula

Gambar Blog
Media Kreatif
06 November 2023
Tutorial

Jika kamu sedang mempertimbangkan untuk memulai perjalanan pengembangan web dengan CodeIgniter 4, kamu berada di tempat yang tepat! Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk membantu kamu menginstal dan menjalankan framework PHP yang powerful ini. Mari kita mulai!

Namun, buat kamu yang belum mengenal apa itu Codeiginter 4, sebaiknya kamu membaca terlebih dahulu, apa itu CodeIgniter 4 atau yang sering disingkat dengan CI 4. silahkan baca artikel ini CodeIgniter 4: Persyaratan Server, PHP, Ekstensi, dan Dukungan Database untuk menambah dan lebih mengenal Framework satu ini.

untuk menginstall Codeigniter 4, dari situs resminya menyediakan 2 cara untuk bisa kita gunakan. yang pertama menggunakan composer dan yang kedua menggunakan instalasi manual. namun jika ditanya mana yang lebih baik, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. berikut adalah cara yang bisa gunakan untuk menginstall ci 4 :

1. Instalasi Menggunakan Komposer

Komposer adalah sebuah tools manajemen dependensi untuk bahasa pemrograman PHP.  Komposer dapat digunakan dalam beberapa cara untuk menginstal CodeIgniter4 di sistem kita. disitus resminya dikatakan, kita bisa menginstall CI 4 kedalam komputer kita atau kita dapat menambahkan CI 4 kedalam project aplikasi kita. namun kali ini yang akan kita bahas hanyalah bagaimana cara menginstall CI 4 menggunakan komposer kedalam komputer kita.

    🚧 Penting : CodeIgniter4 memerlukan Composer 2.0.14 atau lebih baru. silahkan download terlebih dahulu melalui laman resminya, download composer.


pertama : langkah pertama silahkan pastikan bahwa komposer sudah terinstall dilaptop kamu, caranya dengan mengetikan

composer
atau ketik

composer -v
untuk melihat versi komposer yang kamu punya.


kedua : jika composer sudah dipastikan terinstall, silahkan ketik perintah seperti dibawah ini

composer create-project codeigniter4/appstarter nama-projek-kamu 

perintah diatas akan membuat folder nama-projek-kamu, jadi pastikan untuk mengganti nama tersebut dengan nama projek yang kamu inginkan. jika kamu mengosongi atau tidak mengisi hal tersebut, maka secara default akan membuat folder appstarter.

    🚧 Catatan : Sebelum v4.4.0, autoloader CodeIgniter tidak mengizinkan karakter khusus yang ilegal dalam nama file pada sistem operasi tertentu. Simbol yang dapat digunakan adalah /, _, ., :, \dan spasi. Jadi jika Anda menginstal CodeIgniter di bawah folder yang berisi karakter khusus seperti (, ), dll., CodeIgniter tidak berfungsi. Sejak v4.4.0, pembatasan ini telah dihapus.


2. Install Manual

untuk instalasi manual, silahkan kamu cukup download CI 4 melalui situs resminya. berikut merupakan link download CI 4.

kemudian letakan dimanapun yang kamu suka. dan aplikasi CI 4 kamu sudah siap dikembangkan.


jangan lupa untuk memperhatikan server requirement agar pengembangan aplikasi kamu berjalan dengan lancar dan efisien.

#InstalasiCodeIgniter4
#FrameworkPHP
#WebDevelopment
#CodeIgniterTutorial
#PengembanganSitusWeb
#PHPFramework